Kumpulan Soal NEUROLOGI + Jawaban Part 2



1.      Fadhlizon usia 28 tahun terjatuh sewaktu lomba panjat pinang, dengan kepala terjatuh lebih dulu dan leher terpelintir. Kesan umum pasien sadar dan bisa jalan dengan normal. Pada pemeriksaan fisik pasien tidak dapat melakukan gerakan abduksi, fleksi maupun rotasi bahu; lengan bawah tak dapat digerakkan dengan posisi pronasi, sedangkan tangan dan jari-jari tangan masih bisa digerakkan secara normal, kulit bahu dan lengan sebelah lateral hipoesthesi. Bagaimana diagnosis topis pasien ini . . . 
A. C4-5
B. C5-6
C. C6-7 
D. C7-8 
E. C8-T1

2.      David usia 24 tahun, datang dengan keluhan tangan kanannya tidak dapat diangkat setelah sebelumnya tidur di pinggir jalan karena pulang terlalu malam. Kesan umum pasien tampak normal. Pada pemeriksaan fisik ditemukan bahwa pasien tidak bisa melakukan dorsofleksi tangan kanan. Nervus manakah yang mengalami gangguan pada pasien tersebut . . . 
A. Nervus ulnaris 
B. Nervus medianus 
C. Nervus radialis 
D. Nervus axillaris 
E. Nervus musculocutaneous

3.      EL usia 55 tahun datang ke RS dengan keluhan nyeri punggung bawah yang menjalar ke paha hingga ujung jari kaki. Nyeri bertambah saat batuk maupun mengejan. Selain nyeri ada keluhan hipoesthesi pada daerah tersebut. Satu hari sebelumnya pasien pergi fitness dan mengangkat beban hingga 40 kg. BAK dan BAB tidak ada keluhan. Pada tes Lasseque hasilnya (+) sedangkan tes Patrick dan Kontra-Patrick hasilnya (-). Apakah pemeriksaan penunjang terbaik untuk kasus di atas? 
A. Foto polos vertebrae lumbosacral 
B. CT-Scan lumbal 
C. MRI lumbal 
D. Foto BNO-IVP 
E. USG

4.      Dul 17 tahun datang dengan keluhan lemah pada kedua tungkai dan lengan. Awalnya pasien sempat demam dan diare terlebih dahulu, kemudiadiikuti dengan kelemahan pada kaki dan baru 5 jam lalu mengeluh lemah pada tangan juga. Pada pemeriksaan fisik didapatkan kekuatan motorik atas 3333/3333, dan motorik bawah 2222/2222. Refleks fisiologis menurun pada kedua tungkai dan lengan. Penatalaksanaan apa yang paling tepat untuk kasus di atas . . . 
A. Antibiotik 
B. Intravena immunoglobulin 
C. Cholinesterase inhibitor 
D. Analgesik 
E. Roborantia neurotropik

5.      AL 45 tahun datang dengan keluhan nyeri pada area leher yang menjalar hingga ke bahu. Keluhan semakin memberat ketika pasien mangangkat beban berat di bahunya. Pada pemeriksaan fisik tidak didapatkan parese maupun hipoesthesi. Pemeriksaan tambahan apa yang tepat untuk mendukung diagnosis kasus di atas . . . 
A. Tes Lasseque 
B. Tes kaku kuduk 
C. Tes Wartenberg 
D. Tes Babinski 
E. Tes Lhermitte 

6.      Luna usia 42 tahun datang dengan keluhan nyeri pada pergelangan tangan kiri sejak 2 minggu yang lalu. Pasien merasakan nyeri menjalar hingga ke ibu jari, jari telunjuk dan jari tengah. Akhir-akhir ini pasien banyak menerima pesanan baju sehingga pasien sering lembur. Pada pemeriksaan fisik didapatkan Tinel sign (+) dan Phalen tes (+) dan terdapat atrofi otot thenar. Apakah diagnosis yang mungkin untuk kasus di atas . . . 
A. Carpal tunnel syndrome  
B. Guyon canal syndrome 
C. Cubital tunnel syndrome
D. Tarsal tunnel syndrome 
E. Lesi nervus radialis

7.      Fajar 29 tahun datang dengan keluhan sulit berjalan. Pasien tampak berjalan dengan kaki kiri yang diseret dan telapak kaki kiri yang tidak menapak sempurna ke lantai. I minggu yang lalu pasien jatuh dari motor dan kaki kirinya membentur trotoar. Pada pemeriksaan fisik didapatkan penurunan sensasi pada dorsum pedis. Pemeriksaan radiologi tampak fraktur os fibula sinistra. Nervus apakah yang terganggu . . .
A. Nervus ischiadicus 
B. Nervus femoralis 
C. Nervus tibialis posterior 
D. Nervus peroneus 
E. Nervus dorsum pedis

8.      Rita usia 38 tahun datang dengan keluhan nyeri pada tangan kanan. Nyeri dirasakan seperti ditusuk-tusuk. Selain itu juga didapatkan hipoesthesi di jari manis dan kelingking. Keluhan biasanya dirasakan saat sore hari. Pada pemeriksaan fisik tanda-tanda vital dalam batas normal. Apakah diagnosis dan pemeriksaan tambahan yang tepat pada pasien tersebut . . . 
A. Saturday night palsy, Wrist drop 
B. Carpal tunnel syndrome, Tinel sign (+) 
C. Guyon canal syndrome, Froment test (+)  
D. Tarsal tunnel syndrome, Thompson test (+) 
E. Cubital tunnel syndrome, Phalen test (+)

9.      Roma usia 11 tahun dibawa ke IGD setelah jatuh dari pohon. Pasien mengeluhkan tangan kirinya sulit untuk digerakkan dan juga merasa kebas pada jari-jari tangan. Pada pemeriksaan fisik ekstremitas atas sinistra ditemukan lengan atas dalam batas normal, lengan bawah dalam posisi supinasi dan flexi  ringan, pergelangan tangan dorsoflexi, jari 4 dan 5 tidak bisa ekstensi sepenuhnya. Apa diagnosis kasus di atas . . . 
A. Erb-Duchenne Palsy 
B. Klumpke-Dejerine Palsy  
C. Cerebral Palsy 
D. Bell’s Palsy  
E. Saturday Night Palsy

10.  Rika 50 tahun datang dengan keluhan nyeri pada leher kanan menjalar ke lengan kanan hingga jari-jari tangan. Nyeri semakin parah apabila aktivitas mengangkat beban yang berat. Dilakukan pemeriksaan dengan penekanan vena jugularis kanan dan kiri, nyeri semakin memberat. Apa nama pemeriksaan yang dilakukan . . . 
A. Lasseque test 
B. Lhermitte test 
C. Sicard test 
D. Naffziger test 
E. Valsava test

11.  Ani usia 38 tahun penderita DM tipe 2 melahirkan seorang bayi di IGD RSU. Pada saat partus, kepala bayi sudah melewati vagina tetapi bahunya tersangkut di simfisis pubis, lalu dokter menarik bahu bayi tersebut agar seluruh badan bayi lahir. Bayi lahir dengan menangis spontan tetapi tidak bisa menggerakan ekstremitas superior dekstra. Posisi ekstremitas superior dekstra bagian lengan atas dalam keadaan adduksi dan endorotasi, lengan bawah dalam keadaan ekstensi, tangan fleksi dan jari-jari dalam batas normal. Berat badan bayi lahir 4500 gram. Di mana kelainan topis yang menyebabkan kelemahan ekstremitas superior dekstra pada bayi tersebut . . . 
A. Lesi truncus superior plexus brachialis  
B. Lesi truncus medius plexus brachialis 
C. Lesi truncus inferior plexus brachialis 
D. Lesi truncus superior plexus lumbosacralis 
E. Lesi truncus inferior plexus lumbosacralis

12.  kokom usia 50 tahun, bekerja sebagai pelatih takraw, mengeluh nyeri seperti rasa terbakar dan kebas pada pergelangan kaki kanan menjalar ke telapak kaki hingga ujung jari kaki. Nyeri berkurang bila beristirahat. Pada pemeriksaan fisik didapatkan saat perkusi maleolus medialis terdapat penjalaran nyeri ke jarijari dan telapak kaki. pemeriksaan motorik kaki kanan dalam batas normal, riwayat DM tidak terkontrol sejak 10 tahun yang lalu. Apa diagnosis yang paling mungkin untuk kasus di atas . . . 
A. DM Neuropati 
B. Tarsal tunnel syndrome 
C. Radiculopathy L5-S1 
D. Compartment syndrome 
E. Ruptur tendon achilles

13.  Sandy usia 45 tahun, datang ke dokter dengan keluhan terdapat nyeri yang menjalar dari leher sampai ke lengan sebelah kiri saja, juga terdapat kebas pada jari telunjuk dan jari tengah. Pada pemeriksaan fisik tanda-tanda vital dalam batas normal, ekstensi lengan bawah memiliki nilai MMT 3, refleks fisiologis dalam batas normal, refleks patologis (-), tes Lhermitte (+). Kemungkinan dermatom yang terkena pada . . . 
A. C5 
B. C6 
C. C7 
D. C8 
E. T1

14.  Garry usia 55 tahun, datang dengan keluhan nyeri punggung bawah sejak 1 tahun yang lalu, semakin memberat terutama saat mengangkat beban. Nyeri menjalar sampai tungkai bawah kiri hingga ujung jari kaki. Pada hasil pemeriksaan fisik terasa kebas pada daerah betis, telapak kaki dan berakhir pada jari kelingking sebelah kiri, dan pasien kesulitan berjalan jinjit. Di mana letak lesi pada kasus tersebut . . . 
A. Th11-12 
B. Th12-L1
C. L4-5 
D. L5-S1 
E. S2-3

15.  Batman 24 tahun, datang dengan keluhan keempat ekstremitas lemah dan terasa kebas. Awalnya lemah pada kedua kaki kemudian diikuti lemah pada kedua tangan. Riwayat batuk, pilek, demam dan diare 1 minggu yang lalu. Pada pemeriksaan fisik kekuatan motorik ekstremitas atas 3333/3333, kekuatan motorik ekstremitas bawah 2222/2222, refleks fisiologis menurun, refleks patologis negatif. Apakah diagnosis pasien ini . . . 
A. Miastenia Gravis 
B. AAIDP 
C. Stroke iskemik 
D. Myalgia 
E. Poliomielitis

16.  Franky 24 tahun, datang dengan keluhan keempat ekstremitas lemah dan terasa kebas. Awalnya lemah pada kedua kaki kemudian diikuti lemah pada kedua tangan. Riwayat batuk, pilek, demam dan diare 1 minggu yang lalu. Pada pemeriksaan fisik kekuatan motorik ekstremitas atas 3333/3333, kekuatan motorik ekstremitas bawah 2222/2222, refleks fisiologis menurun, refleks patologis negatif. Untuk mendiagnosis kasus di atas, pemeriksaan penunjang yang paling tepat yang dapat diusulkan adalah . . . 
A. CT-Scan 
B. MRI 
C. EMG
D. Serologi 
E. Lumbal Pungsi

17.  Zorro 24 tahun, datang dengan keluhan keempat ekstremitas lemah dan terasa kebas. Awalnya lemah pada kedua kaki kemudian diikuti lemah pada kedua tangan. Riwayat batuk, pilek, demam dan diare 1 minggu yang lalu. Pada pemeriksaan fisik kekuatan motorik ekstremitas atas 3333/3333, kekuatan motorik ekstremitas bawah 2222/2222, refleks fisiologis menurun, refleks patologis negatif. Dari hasil penunjang yang diusulkan, hasil apa yang anda harapkan . . . 
A. Ditemukannya Anti-AChR 
B. Disosiasi sitoalbumin 
C. Menurunnya aktivitas hantaran saraf dan kontraksi otot 
D. Lesi hipodens berbentuk lakunar pada hemisfer kanan 
E. Menyempitnya diskus intervertebralis

18.  Sanji 24 tahun, datang dengan keluhan keempat ekstremitas lemah dan terasa kebas. Awalnya lemah pada kedua kaki kemudian diikuti lemah pada kedua tangan. Riwayat batuk, pilek, demam dan diare 1 minggu yang lalu. Pada pemeriksaan fisik kekuatan motorik ekstremitas atas 3333/3333, kekuatan motorik ekstremitas bawah 2222/2222, refleks fisiologis menurun, refleks patologis negatif. Dari hasil penunjang yang diusulkan, hasil apa yang anda temukan . . . 
A. Protein ↑; Leukosit N 
B. Protein N; Leukosit ↑ 
C. Protein ↑; Leukosit ↑ 
D. Protein ↓; Leukosit ↑ 
E. Protein ↓; Leukosit ↓  

19.  Luffy 33 tahun dibawa ke IGD setelah terlempar keluar dari mobil. Kesan umum dalam batas normal. Pada pemeriksaan fisik didapatkan pada ekstremitas superior sinistra posisi lengan atas adduksi-endorotasi, lengan bawah ekstensi-pronasi, tangan fleksi, refleks genggam tangan (+). Diagnosis yang paling mungkin untuk kasus tersebut adalah . . . 
A. Paralisis total et causa lesi plexus brachialis superior et inferior 
B. Paralisis Klumpke et causa lesi plexus brachialis superior 
C. Paralisis Klumpke et causa lesi plexus brachialis inferior 
D. Paralisis Erb et causa lesi plexus brachialis superior 
E. Paralisis Erb et causa lesi plexus brachialis inferior

20.  Nami 45 tahun datang ke poliklinik dengan keluhan nyeri pinggang sejak 1 minggu yang lalu. Keluhan nyeri dirasakan menjalar dari pinggang, paha sampai kaki kanan. Keluhan lebih terasa saat pasien batuk, tertawa keras ataupun bersin. Pasien sehari-hari bekerja sebagai penjual buah dan sering mengangkat beban yang berat. Ketika pergelangan kaki kanan didorsofleksikan maksimal, muncul nyeri yang menjalar. Apa kemungkinan diagnosis pada pasien ini . . . 
A. HNP Lumbal 
B. HNP Cervical 
C. Cauda Equina Syndrome 
D. Conus Medullaris Syndrome 
E. Lesi Nervus Ischiadicus

21.  Lusy berusia 22 tahun datang dengan keluhan nyeri kepala sejak 1 hari yang lalu. Pasien mengatakan nyeri kepala dirasakan di seluruh kepala, seperti diikat, dan tidak berdenyut, serta disertai kaku pada otot leher. Keluhan tidak disertai mual dan muntah. Keluhan serupa pernah dirasakan beberapa kali sebelumnya dan biasanya timbul bila pasien stress. Dari pemeriksaan fisik didapatkan tekanan darah 120/80 mmHg, nadi 88x/menit, suhu 36,4C, RR 18x/ menit. Pemeriksaan neurologis dalam batas normal. Tatalaksana awal yang tepat untuk pasien tersebut adalah...
A.Carbamazepine
B.Amitriptilin
C.Oksigen
D.Sumatriptan
E. Parasetamol 

22.  Obama berusia 45 tahun datang ke poliklinik RS dengan keluhan nyeri di wajah kanan sejak 3 hari yang lalu. Pasien mengatakan keluhan terasa semakin memberat terutama ketika menggosok gigi, makan, dan menyentuh wajahnya. Pemeriksaan fisik dan neurologis dalam batas normal. Tatalaksana farmakologis yang paling tepat adalah. . .
A. Ibuprofen 3 x 400 mg PO
B. Parasetamol 3 x 500 mg PO
C. Gabapentin 3 x 300 mg PO
D. Karbamazepin 3 x 300 mg PO
E. Karbamazepin 2 x 100 mg PO 

23.  Hulk berusia 10 tahun datang ke poliklinik RS diantar oleh kedua orang tuanya dengan keluhan sering mengalami pandangan kosong dan bengong sejak 1 tahun yang lalu. Keluhan terjadi selama 10 detik dan dapat berulang hingga 10 kali sehari. Keluhan terjadi mendadak, kemudian pasien normal kembali. Pemeriksaan fisik dan status neurologis dalam batas normal. Diagnosis yang tepat pada pasien ini adalah...
A. Status epileptikus
B. Kejang demam sederhana
C. Epilepsi dengan tipe kejang parsial sederhana
D.Epilepsi dengan tipe kejang umum absans.
E. Epilepsi dengan tipe kejang umum tonik

24.  Cici Paramida berusia 28 tahun datang dengan keluhan nyeri hebat sejak 2 jam yang lalu. Pasien mengatakan nyeri dirasakan di sekitar mata kanan, nyeri seperti dibor, dan tidak berdenyut. Keluhan disertai mata merah, sering mengeluarkan air mata, dan pilek. Pasien mengatakan dalam sehari keluhan berulang hingga 4 kali sehari. Dari pemeriksaan fisik didapatkan tekanan darah 120/80 mmHg, nadi 88x/menit, suhu 36,4C, RR 18x/menit. Pemeriksaan neurologis dalam batas normal. Terapi profilaksis yang tepat untuk pasien tersebut adalah...
A. Carbamazepine
B. Amitriptilin
C. Oksigen 100%
D. Verapamil 
E. Ibuprofen

25.  Captain America berusia 10 tahun datang ke poliklinik RS diantar oleh orang tuanya karena sering terlihat melamun dan pandangan kosong. Keadaan tersebut berlangsung sekitar 10 detik dan anak kembali beraktivitas seperti biasa setelah itu. Terapi lini pertama pada kasus tersebut adalah...
A. Carbamazepine
B. Ethosuximide 
C. Gabapentin
D. Tiagabine
E. Asam valproat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar